Aplikasi pengolah angka merupakan suatu aplikasi yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam pengolahan data-data untuk mempermudah dan meringankan pekerjaan. Aplikasi ini sering disebut atau lebih dikenal dengan nama Spreadsheet.

Banyak jenis dari aplikasi ini ada yang berbayar (komersial) da nada juga yang Free (Bebas). Salah satu aplkasi yang free dan memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi Mirosoft Office (Ms. Exel 2007) adalah wps-office. Jika anda pernah menggunakan Ms.Exel 2003 maka aplikasi yang free yang memiliki tampilan yang menyerupainya adalah aplikasi Calc dari Libreoffice.

Sumber :https://mosayanvala.files.wordpress.com/2013/03/screenshot-from-2013-03-04-133815.png
WPS Spreadsheet

Calc Libreoffice Sumber Pribadi
Program aplikasi ini berguna untuk membantu user (pengguna) dalam hal penghitungan rugi laba, pengolahan statistik, pembuatan database, operasi statistik, pembuatan grafik, penggunaan rumus, dan lain sebagainya.

Menurut penelitian mengenai penggunaan program di amerika dinyatakan bahwa Ms. Exel lebih banyak digunakan dibandingkan program sejenis seperti Quattro, Quattro Pro, Lotus dan Supercall. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai atau mebuka aplikasi MS. Exel antara lain sebagai berikut :
1.  Dengan cara double klik icon Ms. Exel pada DeskTop
b    2.  Melalui Menu Start.
c    3.  Melalui file yang terdapat pada computer kita melalui explorer.

Berikut tampilan dari aplikasi Ms.Exel 2007

 
(sumber Buku TIK Kelas XI Eko Suproyadi hal 170)
Tempat untuk memasukkan Rumus (fungsi logika,fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu) adalah tab formula, yang penulisannya berada pada formula bar. perhatikan contoh dalam penulisan rumus :
(sumber Buku TIK Kelas XI Eko Suproyadi hal 180)
 Cara penulisan pada formula bar yaitu :


(sumber Buku TIK Kelas XI Eko Suproyadi hal 173)
Penjelasan :
1) Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
2) Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan                      sebelumnya.
3) Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.

Tampilan awal dari Ms. Exel sering disebut dengan workbook yang terdiri dari worksheet yang biasanya terdiri dari 3 sheet(perhatikan gambar tampilan Ms. Exel hal170). Dari tampilan ini maka muncul istilah sel/Cells dan Range. Cells adalah perpotongan antara baris dan kolom, sedangan Range merupakan kumpulan dari cells yang terblok. Perhatikan gambar hal 173.

Dalam Ms. Exel terdapat dua jenis data yaitu :

1) Data label
Data label adalah data-data berupa teks atau karakter yang tidak akan dilakukan operasi matematika. Data label disebut juga data string atau text yang secara default format data ini adalah rata kiri, misalnya huruf-huruf, gabungan angka dengan karakter (alfa numerik) seperti nomor polisi kendaraan, dan nomor induk mahasiswa.

2) Data value
Data value adalah data-data yang berupa angka atau rumus-rumus yang dapat dilakukan operasi matematika. Data value dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a) Numerik
Numerik adalah angka-angka atau bilangan yang akan dilakukan operasi matematika yang secara default format data ini adalah rata kanan, misalnya: 0,1,2,3,4…
b) Formula
Formula merupakan rumus-rumus yang dibuat baik dengan menggunakan operasi sel maupun dengan memanfaatkan fasilitas fungsi. Cara penulisan data dalam bentuk rumus harus diawali dengan tanda = (sama dengan). Dalam membuat rumus yang dituliskan bukan isi datanya melainkan alamat sel-nya.

Kesalahan dalam pengetikan sering kali terjadi, jika anda menginginkan pembatalan dari hasil editan anda dapat mengklik tombol Undo demikian sebaliknya jika anda ingin membatalkan perintah Undo maka klik icon Redo. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

(sumber Buku TIK Kelas XI Eko Suproyadi hal 197)
Demikian sedikit gambaran tentang program aplikasi pengolah angka semoga bermanfaat bagi kita semua.. 

Categories:

Leave a Reply